RSS

Pages

MUSIK GAMBUS




MUSIK GAMBUS BERUMUR 400 TAHUN AKAN MEMBUKA FESTIVAL JAKARTA


            Jakarta, kompas – senin (16/6)malam mendatang, gedung kesenian Jakarta(GKJ) akan mengawali Jakarta anniversary festival 2003 dengan penampilan music gambus al marhan pimpinan bawazir bersaudara (oemar salim bawazir dan Abdullah salim bawazir).
            Pergelaran eksotik yang di perkuat oleh musisi gambus kenamaan dari banyuwangi ini akan didukung sejumlah penyanyi seperti bobby hisyam baraja,jamal hedra,lukman alatas,lia oemar,bintang tamu munif bahaswan, dan di perkuatpemain kibor muda salim Abdullah.
            Gkj sebagai mana di kemukakan oleh kepala badan pengelolanya drs.H.endang supriatna,kamis(12/60),memang secara sengaja ingin memberi perhatian pada kesenian yang sebenarnya memiliki penggemar tetapi masih luput dari perhatian masyarakat.
            Gambus,menurut pengamat musik dan penyanyi munif bahaswan memang berasal dari-dan sejauh ini masih banyak di asosiasikan dengan-arab.namun, kata itu sendiri sulut di pastikan dari mana asalnya.di kawasan arab sendiri music yang sama dikenal dengan nama oud.
            Music berumur 400 tahun ini sempat merambah dan meninggalkan pengaruh di eropa dalam music spanyol dan gipsi,tapi berikutnya sebagai kesenian arab uga meninggalkan jejak dalam kesenian etnik Indonesia.
            Menurut munif,penyebarluasannya sejauh ini masih terbatas karena selain para artisnya masih cenderung tradisional, persepsi yang banyak hidup di masyarakat adalah gambus merupakan seni agama. Padahal,tidaksedikit liriknya yang berkisah tentang pembelaan Negara atau percintaan.
            Sejumlah kalangan juga menilai gambus cenderung monoton secara irama,”tetapi,mereka memang lebi menikmati liriknya daripada melodinya,”tambah munif.
            Penonton yang hadir pada pergelaran tanggal 16 juni nanti akan dapat menikmati music ini dalam rentak dinamik alat music perkusi dipadu dengan petikan gambus yang di sertai goyangan kaki dalam irama riang.
            Selain memainkan antara lain disko padang pasir disertai tarian timur tengah,kelompok al mahran-bahasa arab untuk”mahir”-akan memainkan pula lagu yang umurnyadi perkirakan lebih dari 400 tahun, lagu berjudul pagelaran music Andalusia yang terjemahan bebasya di buat munif berkisah tentang zaman kedamaian da Andalusia dan kaumnya yang berasal dari lembah indah.

(sumber: www.kompas.com/kompas-cetak/0306/14/dikbud/369361.htm)



 
                                    
      
Question :::::
1.       Mengapa persebarluasan musik gambus terbatas ?
Jawab : Persebarluasan musik gambus terbatas karena selain pemain artisnya cenderung tradisional,persepsi yang banyak hidup dimasyarakat adalah gambus yang merupakan seni agama yang menyebabkan musik tersebut menjadi terbatas.
2.      Menurutmu,unsur budaya mana saja yang memepengaruhi musik gambus? Apa ciri yang membedakannya dari jenis musik lain ?
Jawab : Menurut saya unsur yang memepengaruhi musik gambus yaitu bangsa arab,spanyol dan gipsi. Dan ciri yang membedakan musik gambus dengan musik lainnya yaitu cenderung monoton secara irama maupun pada lirik dan instrumen musik itu sendiri.
3.      Setujukah kamu jika dikatakan musik gambus memiliki penggemar tapi masih luput dari perhatian masyarakat ? mengapa ?
Jawab : Setuju, karena pada zaman modern sekarang masyarakat lebih dominan menyukai musik modern (pop) daripada musik yang berciri khas tradisional termasuk musik gambus.
Penggemarnya mungkin ada,tapi hanya seberapa dan pada saat sekarang musik gambus pun luput dari perhatian masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar